Penyebab dan Cara Jitu Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Pria

Bukan cuma wanita, kaum Adam juga sering mencari cara alami mengatasi rambut rontok pada pria. Proses penipisan yang mengantar pada kebotakan di usia muda menjadi mimpi buruk para pria. Tipe kerontokan rambut seperti Androgenetic Alopecia bahkan bersifat permanen pada pria. Prosesnya dimulai dari garis rambut di bagian kening yang menurun, lalu kebotakan di bagian pelipis hingga ubun-ubun. Maka dari itu, sebelum petaka tersebut terjadi, ada baiknya Anda mulai mencari cara untuk mencegahnya.

Penyebab Rambut Rontok pada Pria

Namun, sebelum mengaplikasikan cara mengatasi ketombe dan rambut rontok pada pria, mari kita kenali terlebih dahulu faktor penyebab rambut rontok parah dan berlebihan yang sering terjadi pada kaum pria berikut ini:

1. Genetika
Bila salah satu anggota keluarga—misalnya kakek atau ayah—mengalami kebotakan, besar kemungkinan hal tersebut terjadi kepada Anda. Dan ini merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut yang mana untuk penanganannya cukup sulit dilakukan.

2. Hormon
Seperti halnya wanita, perubahan hormon pada kaum Adam juga punya dampak besar pada kesehatan rambut. Tingginya Dihidrotestosteron atau DHT adalah pemicu rambut rontok yang dialami para pria.

3. Konsumsi obat
Pria yang sedang mengonsumsi obat untuk menyembuhkan depresi, gangguan jantung, dan hipertensi cenderung lebih rentan mengalami kerontokan rambut.

4. Penyakit
Menyambung poin sebelumnya, serangan penyakit autoimun dan kanker adalah salah dua jenis gangguan kesehatan yang paling sering menimbulkan efek samping rontok rambut.

5. Infeksi
Kulit kepala yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri maupun jamur yang mengundang infeksi, disusul kerontokan rambut yang parah.

6. Stres berat
Faktor psikologis juga menyumbang peran dalam kerontokan rambut pada kaum pria. Bila stres adalah pemicunya, maka Anda disarankan untuk tetap rileks.

7. Diet
Program penurunan berat badan juga bisa membuat rambut Anda rontok. Hal ini biasanya muncul kalau Anda menerapkan diet ketat atau ekstrem tanpa anjuran dari dokter.

8. Proses kimia
Tak sedikit pria yang memoles rambut atau melakukan perawatan lainnya untuk memaksimalkan penampilan. Namun, paparan bahan kimia yang terlalu lama dan sering malah akan merontokkan rambut Anda.

9. Faktor usia
Penyebab paling umum dari kerontokan rambut yang tak dapat Anda cegah ialah usia. Semakin tua, semakin besar pula peluang rambut rontok terjadi.

Cara Perawatan Medis Rambut Rontok untuk Pria

Setelah mengetahui faktor-faktor yang memicu kerontokan rambut, sekarang mari kita kenali perawatan dan cara mengatasi rambut rontok bagi pria secara medis. Perlu diingat, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter, karena dosis dari obat-obatan yang hendak dikonsumsi atau diaplikasikan harus sesuai takaran yang dianjurkan.

1. Lotion Minoxidil
Lotion Minoxidil merupakan salah satu produk perawatan rambut rontok yang dapat dicoba. Namun obat untuk menangani kerontokan ini biasanya harus Anda gunakan selama beberapa bulan. Bila Anda menghentikan pemakaian lotion minoxidil, maka kebotakan pun akan kembali terjadi. Maka dari itu, cara mengatasi rambut rontok laki laki ini harus diterapkan secara konsisten.

2. Tablet Finasteride
Dengan mengonsumsi obat ini, produksi testosteron dalam tubuh Anda akan terhambat. Namun di sisi lain, obat rambut rontok ini dianggap ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut. Anda harus memakan tablet finasteride setiap hari, selama kurang lebih 4 hingga 6 bulan.

3. Steroid
Steroid merupakan solusi rambut rontok jenis Alopecia Areata yang merupakan efek samping penyakit autoimun. Ada dua cara yang diterapkan dalam terapi ini, yakni dengan suntikan dan pengolesan. Di sisi lain, pemberian steroid hanya efektif selama Anda menjalani masa pengobatan.

4. Transplantasi Rambut
Transplantasi rambut merupakan cara mengtasi rambut rontok parah yang dapat Anda tempuh. Bagian kulit kepala yang masih ditumbuhi rambut akan dicangkokan ke bagian yang botak dengan operasi yang mengambil jeda 9-12 bulan per tahapnya. Rambut cangkokan akan tumbuh dalam waktu 6 bulan.

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Pada Pria

Selain tindakan medis, tentunya ada cara mengatasi rambut rontok pada pria secara alami lainnya yang masih dapat Anda lakukan. Metode-metode ini bisa Anda praktikan saat kerontokan rambut belum terlalu parah dan tidak sampai harus ditangani secara medis. Di bawah ini ada bahan-bahan alami yang kerap digunakan dalam penanganan alternatif untuk perawatan rambut secara alami.

1. Minyak Hangat
Metode ini dilakukan dengan cara memanaskan minyak alami seperti minyak almond, minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak kemiri. Setelah minyak menghangat, ambil minyak untuk kemudian dipijatkan pada kulit kepala secara merata. Setelah itu, tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cap atau handuk selama beberapa menit untuk kemudian dibilas dengan air. Cara mengatasi rambut rontok pria alami ini bisa Anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami lainnya.

2. Masker Rambut
Seperti halnya perawatan untuk rambut rontok pada wanita, masker rambut juga dapat diaplikasikan dalam cara mengatasi rambut rontok untuk pria secara alami. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan di dapur seperti pisang, urang-aring, alpukat, hingga ginseng untuk diolah menjadi masker rambut. Caranya pun sama, yakni dengan dioleskan ke rambut secara merata, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.