5 Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami kini sedang banyak diincar orang. Hal ini tidak mengherankan. Sebab, saat ini banyak orang yang mengalami gangguan tersebut.

Meskipun secara kesehatan tidak berpengaruh apa pun, namun rontok secara berlebihan membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Ketakutan menjadi botak pun akan menghantui pikiran. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan rambut rontok berlebih? Rambut rontok berlebihan merupakan proses lepasnya rambut secara otomatis dari kulit kepala dan dalam jumlah banyak setiap harinya.

# Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok parah ini bisa dialami wanita maupun pria. Salah satu bagian tubuh yang dianggap sebagai mahkota ini dapat rontok begitu saja bisa dikarenakan beberapa sebab. Berikut ini di antaranya:

1. Adanya Gangguan Hormon

Banyak hormon di dalam tubuh yang menyebabkan seseorang berpeluang mengalami rambut rontok dan kebotakan, seperti hormon Alopesia Areata, hormon alopesia androgenetik, dan hormon Dihydro Testosterone. Kerontokan rambut akibat hormon merupakan penyakit keturunan.

2. Kurangnya Asupan Nutrisi

Kekuatan rambut untuk menempel pada kulit kepala sangat tergantung dari nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari. Jika asupan gizi dan vitamin yang Anda konsumsi kurang, kesehatan kulit kepala pun akan terganggu. Akibatnya, rambut akan mudah tanggal tanpa ada penyebabnya.

3. Perawatan Rambut

Jangan dikira, perawatan rambut sebenarnya bukan membuat rambut menjadi indah. Sebab, cara merawat rambut yang salah, seperti penggunaan bahan kimia atau penggunaan pengering rambut secara berlebihan, justru membuat kesehatan kulit rambut termasuk rambut itu sendiri akan terganggu.

4. Efek Samping Penggunaan Obat

Beberapa obat seperti obat antidepresi, obat kemoterapi, bahkan kontrasepsi dapat menjadi penyebab rambut menjadi rontok hebat. Tak heran jika sebagian besar orang yang sedang menjalani kemoterapi akan mengalami kebotakan.

5. Jarang Keramas

Kebiasaan jarang untuk keramas ternyata juga menjadi penyebab paling banyak orang mengalami kerontokan rambut parah. Saat rambut dalam keadaan kotor, fungsi kulit kepala dalam mempertahankan rambut semakin menurun.

# Cara Mengatasi, Mencegah, dan Merawat Rambut Rontok

Bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan? Pertanyaan tersebut pasti menjadi pertanyaan bagi setiap orang yang sudah telanjur mengalaminya. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, berikut ini beberapa cara mengatasi, mencegah, dan merawat rambut rontok yang bisa Anda lakukan:

1. Mengoleskan Minyak Zaitun dan Kemiri

Kandungan dalam minyak zaitun dan kemiri memang terbukti dapat mengatasi rambut rontok. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun atau minyak kemiri ke seluruh rambut hingga kulit kepala setengah jam sebelum keramas. Beri pijatan lembut selama 4 menit agar minyak dapat terserap dengan baik. Setelah itu, keramas hingga bersih menggunakan sampho.

2. Masker Buah

Selain dapat dikonsumsi, berbagai buah seperti alpukat, semangka, melon, dan pisang dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok. Cara cukup mudah, cukup haluskan keempat buah tersebut, kemudian campurkan yogurt dan aduk hingga rata. Oleskan pada rambut hingga ke kulit kelapa. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Selain mengatasi rambut rontok, kandungan asam sitrat dan antioksidan di dalamnya membuat rambut menjadi sehat.

3. Rajin Keramas

Rajin-rajinlah untuk keramas, yaitu dua hari sekali. Jangan biarkan rambut dalam keadaan kotor terlalu lama. Selain itu, jangan ikat rambut terlalu kencang karena dapat mencabut rambut hingga ke akar. Sering-seringlah untuk menggerai rambut agar rambut tidak merasa tegang.

Sebenarnya, menggunakan sampho untuk rambut rontok juga bisa mengurangi terjadinya kerontokan. Namun, bahan kimia yang ada dalam sampo inilah yang harus menjadi pertimbangan Anda. Akan lebih baik jika Anda menggunakan cara alami mengatasi rambut rontok yang berlebihan ini.