4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan perlu Anda ketahui. Hal ini untuk menjaga agar penampilan Anda setelah melahirkan kembali seperti semula. Anda tentu tidak ingin suami menjauhi Anda karena penampilan yang memburuk, bukan? Selain bentuk tubuh yang sedikit membesar, salah satu hal yang biasanya terjadi setelah melahirkan adalah rambut rontok.

Hampir setiap hari, Anda akan menemukan rambut Anda tanggal begitu saja, baik saat menyisir maupun mengguyur rambut. Bahkan, dalam kondisi parah, rambut yang tanggal tersebut bisa mencapai ratusan helai setiap harinya. Hal ini tentu akan berpotensi kebotakan pada kepala Anda jika tidak segera di atasi. Lalu, apa saja penyebab rambut rontok? Bagaimana pula cara mengatasinya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

# Penyebab Rambut Rontok

Salah satu penyebab rambut menjadi rontok yang terjadi pada wanita setelah melahirkan adalah karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Sebenarnya, hal ini wajar terjadi selama kehamilan, pasca melahirkan, hingga masa menyusui hingga enam bulan setelah melahirkan. Setelah waktu itu, hormon akan berjalan normal dan kerontokan rambut pun terhenti. Namun, jika dalam masa kerontokan tidak diberi pengobatan, kebotakan sudah bisa terjadi hanya dalam jangka waktu sebentar.

# Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Pada saat hamil, seorang wanita juga sering mengalami rambut rontok. Selain dikarenakan perubahan hormon yang membuat produksi minyak kepala berlebihan, kerontokan ini juga terjadi karena kurangnya vitamin dan mineral, ketidakseimbangan vitamin dan zat besi, mengonsumsi lemak berlebih, stres, dan penggunaan sampho yang tidak tepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Kebiasaan menggunakan rol rambut juga perlu dihindari agar rambut tidak mudah tertarik keluar dari kulit kepala. Penggunaan sampho dan kondisioner yang mengandung silika atau biotin juga perlu Anda lakukan sebagai solusi rambut rontok. Begitu juga asupan buah dan sayuran yang mengandung antioksidan dan flavonoid perlu Anda tingkatkan. Dengan begitu, masalah kerontokan pun dapat teratasi dengan mudah.

# Cara Mengatasi Rambut Rontok Habis Melahirkan

Tidak hanya pada masa kehamilan, setelah melahirkan pun Anda juga masih berpotensi mengalami kerontokan rambut. Berbagai terapi dan kebiasaan hidup sehat harus Anda lakukan sebagai cara mengatasi rambut rontok paska melahirkan. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain, rajin berkeramas, tetap menjaga asupan makanan bernutrisi tinggi, menghindari perawatan rambut yang ektrem, dan masih banyak lagi. Sebagai pencegahan, bisa juga dengan cara memotong pendek rambut Anda. Sebab, rambut panjang berpeluang membuat kulit kepala tidak kuat menahan akar rambut. Penggunaan tonik yang terbuat dari alami juga bisa Anda coba untuk menghindari terjadinya rambut rontok parah.

# Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Ibu Menyusui

Pada saat menyusui, ancaman rambut rontok juga kerap terjadi. Meskipun hal ini akan kembali normal setelah satu tahun paska melahirkan, namun rambut rontok membuat ketidaknyamanan, baik pada diri Anda sendiri maupun anggota keluarga. Bisa dibayangkan jika banyak helaian di lantai rumah yang tidak bisa Anda kendalikan, membuat anggota keluarga menjadi risih. Oleh karena itu, cara mengatasi rambut rontok saat menyusui harus segera Anda terapkan. Berikut ini beberapa cara di antaranya:

1. Memotong Rambut

Selain dapat mengatasi rambut rontok, memotong rambut menjadi lebih pendek akan membantu Anda pada saat menyusui dan mengurus anak. Rambut pendek juga dapat menjaga keseimbangan kelembaban rambut yang dapat memicu munculnya ketombe. Bahkan, rambut pendek juga semakin mempercantik penampilan Anda.

2. Mengonsumsi Kacang-kacangan dan Daging Merah

Masalah rambut rontok juga bisa diatasi dengan selalu mengonsumsi daging merah atau makanan jenis kacang-kacangan. Kedua makanan tersebut kaya akan asam lemak esensial, zat besi, dan vitamin B12 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Dalam masa ini, tinggalkan pikiran untuk berdiet. Lebih fokuslah dalam menangani rambut rontok yang terjadi.

3. Melakukan Perawatan Rambut yang Terarah

Jika rambut rontok yang terjadi semakin parah, Anda bisa melakukan perawatan rambut. Namun, meskipun begitu, jangan sembarang dalam memilih terapi dan produk yang akan Anda jalani. Sebab, terapi dan penggunaan produk yang salah justru membuat kerontokan rambut Anda semakin parah. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter dan di bawah pengawasan dokter.

4. Menghindari Stres

Stres dengan berbagai penyebab, baik karena tekanan masalah maupun bentuk tubuh yang melebar paska melahirkan, tidak hanya membuat Anda kurus, namun juga bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Hal ini terjadi dikarenakan kekebalan tubuh menjadi menurun saat stres melanda. Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu rileks dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Keyakinan diri mampu melewati semua masalah dengan sukses merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok karena menyusui.