Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering serta Bercabang Secara Alami

Sedang mencari cara mengatasi rambut rontok? Kerontokan rambut—baik dengan jumlah helaian sedikit maupun banyak—merupakan masalah yang amat mengganggu dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Selain itu, gangguan rontok tak jarang dibarengi dengan masalah-masalah lain seperti rambut bercabang hingga kering yang membuat Anda semakin tak nyaman. Dengan gangguan yang cukup banyak, Anda pun perlu lebih berhati-hati dalam menerapkan cara pengobatannya.

Mengenali penyebab rambut rontok, kering, dan bercabang adalah tindakan awal yang harus dilakukan. Faktor pemicunya memang relatif banyak, bisa mencakup stres, penyakit, hingga kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Paparan sinar matahari secara langsung pada rambut dalam jangka waktu yang lama dapat membuat rambut cepat bercabang. Selain itu, pemakaian produk seperti sampo dan kondisioner yang kurang tepat juga bisa menjadi biang kerusakan. Bahan-bahan kimia yang terdapat di dalamnya tak hanya menurunkan kualitas rambut, terapi juga sampai ke kulit kepala Anda.

Solusi untuk Rambut Rontok, Kering, dan Bercabang

Selain menggunakan obat-obat dari dokter, Anda juga bisa menerapkan cara mengatasi rambut rontok dan kering dengan bahan-bahan alami. Langkah ini dianggap lebih praktis, hemat biaya, dan tentunya minim akan efek samping. Sehingga Anda tak perlu mencemaskan masalah lain yang muncul akibat dari pemakaiannya. Bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan salah satunya adalah minyak zaitun. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut kering dan mengalami kerontokan. Gel atau lidah buaya juga salah satu solusi jitu yang bisa Anda gunakan.

Minyak zaitun juga bisa Anda aplikasikan untuk rambut kering dan bercabang. Bersama lidah buaya, kedua bahan ini dapat digunakan dalam cara mengatasi rambut rontok kering bercabang. Balur minyak zaitun pada rambut secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah dibilas dengan memakai air hangat, lanjutkan dengan menggunakan sampo atau aloe vera. Untuk hasil yang optimal, lakukan kebiasaan ini selama kurang lebih 3 minggu. Bila Anda tidak mempunyai minyak zaitun, ganti dengan minyak almond yang sama berkhasiatnya.

Lantas, bagaimana dengan rambut yang mengalami kerontokan dan ujungnya bercabang? Maka Anda bisa memanfaatkan alpukat sebagai solusi rambut rontok. Buah berdaging hijau kekuningan tersebut diolah terlebih dahulu dengan dihaluskan memakai blender atau ditumbuk hingga benar-benar halus. Kemudian, campurkan pasta daging alpukat dengan kuning telur sampai merata. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada rambut, lalu diamkan selama beberapa menit untuk kemudian dibilas memakai air bersih. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menerapkannya sebanyak 3 kali seminggu di malam hari atau menjelang tidur.

Langkah Alternatif Lain yang Dapat Dipraktikan

Bukan hanya menerapkan cara mengatasi rambut rontok dan kering secara alami, Anda juga perlu mengetahui metode dan pengobatan alternatif lainnya. Untuk rambut bercabang, misalnya, Anda dapat menggunting ujung yang bercabang secara berkala. Misalnya 6 bulan sekali atau bahkan 2 bulan sekali kalau cabang-cabangnya sudah terlalu banyak. Seperti beberapa tip lainnya, Anda disarankan untuk melakukan kebiasaan tersebut di malam hari agar hasilnya lebih maksimal.

Sedangkan masalah rambut kering biasanya disebabkan kurangnya minyak yang dibutuhkan rambut. Anda dapat membantunya agar tetap lembap dengan mengoleskan vitamin atau minyak rambut yang beredar di pasaran. Cara mengatasi rambut rontok kering bercabang tersebut dapat mengembalikan kesehatan dan kecantikan rambut seperti sedia kala.