Cara Cepat Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan yang Alami

Masih banyak orang yang mengaplikasikan cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami meski sudah ada produk buatan pabrik yang tersebar di pasaran. Alasannya pun beragam; mulai dari harganya yang lebih murah hingga minim akan efek samping. Bahkan Anda juga tidak perlu membelinya, karena sebagian bahan alami tersebut dapat ditanam di halaman atau ditemukan di antara bumbu dapur yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk menyedapkan rasa makanan.

Sebenarnya, Anda tidak perlu mencemaskan perkara ini selama rambut yang rontok masih di bawah 100 helai per hari. Pasalnya, rambut baru akan segera menggantikannya. Namun, dalam kasus yang kurang lazim atau parah, rambut tidak akan tumbuh kembali dan Anda bisa mengalami botak temporer maupun permanen. Hal-hal inilah yang mendorong sebagian besar orang sangat gencar mencari cara mengatasi rambut rontok dengan cara alami.

Penyebab Rambut Rontok Parah dan Berlebihan

Kendati cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan cepat minim mengandung risiko, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dulu. Salah satunya adalah faktor penyebab rambut berguguran dari kepala Anda. Tidak semua penanganan dapat diterapkan dan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Menerapkan solusi yang tidak tepat malah bisa memperparah kondisi kerontokan. Nah, berikut ini adalah faktor yang menyebabkan rambut rontok, antara lain:

  • Mengalami stres secara emosional. Bisa karena baru dipecat atau kehilangan pekerjaan, sedang menjalani tahap perceraian, terlalu lama mengurus anggota keluarga yang sakit, dan lain-lain;
  • Mengalami stres fisik yang cukup intensif, salah satunya persalinan;
  • Fluktuasi hormon yang sering kali terjadi di masa awal kehamilan;
  • Sedang melakukan program diet untuk mendapatkan atau menjaga bentuk tubuh proposional;
  • Terkena penyakit jangka pendek (infeksi atau baru menjalani operasi) atau penyakit jangka panjang (penyakit hati atau kanker);
  • Sedang berada dalam masa konsumsi obat-obatan. Antikoagulan dan beta-blocker adalah beberapa jenis obat yang dapat memicu efek samping seperti rambut rontok;
  • Mengalami penurunan berat badan secara drastis;
  • Kekurangan asupan protein, zat besi, maupun zinc dalam tubuh.

Dengan mengetahui penyebab rambut rontok yang pasti, Anda dapat mencari penanganan yang tepat untuk menghentikannya. Kasus kerontokan rambut biasanya berlangsung selama kurang lebih 6 minggu sampai 3 bulan setelah Anda mengalami salah satu penyebab di atas. Walau rambut rontok bisa terjadi pada pria maupun wanita, kaum Hawa rupanya cenderung lebih rentan mengalaminya mengingat faktor emosional yang lebih mendominasi.

Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Jika Anda tidak ingin kerontokan rambut terjadi terus menerus, maka cara mengatasi rambut rontok secara tradisional dapat dipraktikan dengan memakai bahan-bahan alami di bawah ini.

1. Bawang Putih

Cara mengatasi rambut rontok dengan bawang putih merupakan solusi yang sudah lama dilakukan oleh orang-orang dengan maslah tersebut. Salah satu jenis bumbu dapur ini dapat Anda olah menjadi masker rambut. Untuk membuatnya, Anda perlu menghaluskan satu siung bawang putih dengan menggunakan blender, lalu balurkan secara merata ke seluruh rambut sebelum Anda tidur. Diamkan semalam, lantas bilas keesokan paginya. Anda bisa mencucinya dengan sampo untuk menghilangkan bau bawang.

2. Seledri

Berikutnya, ada cara mengatasi rambut rontok dengan seledri seandainya Anda kurang menyukai aroma dari bawang putih. Sediakan daun seledri sebanyak 7-10 helai, lalu bersihkan untuk kemudian ditumbuk sampai seledri membentuk pasta. Selanjutkan, oleskan pasta seledri sebagai masker pada rambut Anda secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan sampo.

3. Daun Jambu Biji

Jambu biji memang sudah lama dikenal akan khasiatnya, tak terkecuali daunnya dimana bahan ini bisa digunakan sebagai obat herbal rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok dengan daun jambu biji dapat Anda mulai dengan merebus sekitar 20-30 lembar daun selama 15-20 menit. Lantas, diamkan air rebusan yang telah mendidih selama satu malam. Keesokan harinya, Anda dapat menggunakan air rebusan tadi sebagai masker rambut. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih dan sampo.

4. Teh Hijau (Green Tea)

Jenis teh yang satu ini ternyata tak hanya enak untuk dijadikan sebagai minuman. Anda dapat memakai green tea untuk mempraktikannya sebagai obat alami rambut rontok. Kandungan antioksidan pada teh hijau bahkan dapat memicu pertumbuhan rambut. Adapun cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau dapat Anda lakukan cukup dengan menyeduh 2 kantung teh, lalu oleskan seduhannya pada rambut dan kulit kepala yang mengalami kerontokan. Diamkan selama 1 jam untuk kemudian dibersihkan memakai air.

5. Jahe

Siapa yang tidak kenal jahe? Salah satu jenis rempah-rempah ini merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali untuk menangani masalah kerontokan rambut. Nah, cara mengatasi rambut rontok dengan jahe sebenarnya tak jauh berbeda dengan bawang putih. Di sini, Anda harus membalurkan jahe yang sudah diparut (bisa ditambahkan juga dengan bawang putih), lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

6. Minyak Zaitun

Seperti bahan-bahan alami sebelumnya, minyak zaitun memiliki manfaat beragam, salah satunya untuk mengatasi kerontokan rambut. Vitamin E yang terdapat di dalam minyak zaitun tak hanya menyehatkan rambut, tetapi juga kulit kepala yang rusak. Karena itu minyak ini bisa digunakan sebagai obat tradisional rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun sangat mudah dilakukan di rumah, yakni dengan mengoleskannya pada rambut dengan sesekali memijati kulit kepala. Diamkan selama beberapa saat sebelum dicuci bersih dengan air.

7. Lidah Buaya

Dikenal juga sebagai aloe vera, lidah buaya merupakan bahan yang acap kali dipakai untuk membasmi masalah rambut. Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya dapat dilakukan dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian, lalu oleskan bagian lendirnya ke seluruh rambut Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit sebelum kemudian dicuci bersih. Kandungan yang terdapat di dalam aloe vera mampu mengembalikan sel-sel rambut yang mengalami kerusakan.

8. Jeruk Nipis

Cara mengatasi rambut rontok dengan jeruk nipis tak kalah mudahnya dengan bahan alami yang lain. Anda hanya perlu menyiapkan jeruk nipis (jumlah dapat disesuaikan dengan kebutuhan), lalu iris menjadi beberapa bagian. Kemudian, lakukan perawatan dengan mengoleskan jeruk nipis pada rambut secara merata, diamkan selama beberapa menit, dan bilas sampai bersih. Selain mengatasi kerontokan rambut, jeruk nipis juga bisa menjadi solusi masalah rambut dan kulit kepala lainnya seperti ketombe.

Selain menggunakan cara mengatasi rambut rontok yang alami, Anda dapat juga menerapkan cara mencegah rambut rontok agar rambut tetap sehat. Misalnya saja yang dapat dilakukan dengan keramas menggunakan sampo yang tepat, memberikan kondisioner, serta vitamin rambut akan menjauhkan Anda dari masalah seperti ketombe hingga kerontokan. Tidak terlalu sering menggunakan catokan dan hair dryer pun akan menjaga kekuatan rambut.

Perawatan pun dapat dilakukan dengan mengunjungi salon kecantikan secara rutin. Kebiasaan seperti menyisir secara teratur dan perlahan pun bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok tradisional yang dapat mempertahankan kesehatan dan kecantikan rambut Anda.

Itulah sedikit informasi tentang penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya menggunakan beberapa bahan alami yang dapat coba diterapkan. Semoga bermanfaat.